jangan pernah lelah mendapatkan peraduan indah

Rabu, 17 November 2010

Memilih Lingkungan Perumahan yang Nyaman

Ada berbagai kriteria setiap orang mencari lingkungan perumahan yang diinginkan. Ada yang memilih membeli di perumahan elite, ada yang memilih ada masjidnya dan berbagai pilihan lainnya.

Namun sering para konsumen ini terpaksa menjual rumah barunya karena tidak siap dengan kondisi lingkungan atau tidak nyaman dengan kondisi lingkungan rumah barunya.
Berikut adalah beberapa pertimbangan untuk memilih lingkungan perumahan yang nyaman tidak hanya dari penampakannya.

Ingin lingkungan perumahan yang agamis?

Sering orang membeli rumah di perumahan dengan hanya melihat ada masjid atau tidak, jika ada maka diambil kesimpulan bahwa lingkungan perumahan itu agamis. Perlu diperhatikan bahwa sering masjid di sebuah perumahan tidak diurus oleh orang-orang perumahan sendiri tapi diurus oleh penduduk kampung setempat. Hal ini dikarenakan kesibukan dari penghuni perumahan yang tidak memiliki waktu lebih untuk kegiatan di luar atau kegiatan sosial. Perhatikan pula apakah masjidnya sering terisi orang, karena sering masjid perumahan justru sepi.

Misalkan lagi pemilihan dengan asumsi ada tempat pengajian al'quran untuk anak-anak agar anak-anak kita dapat mengaji disitu. Perlu diperhatikan, bahwa sering orang-orang perumahan karena kesibukannya menjadikan TPA tepat penitipan anak karena tidak sempat mengajari mereka mengaji. Hasilnya sering malah akan menjadi ajang ketidakpekaan terhadap lingkungan sosial yang sebenarnya. Sebaik-baiknya pendidikan lebih utama adalah pendidikan di dalam keluarga.

Ingin rumah besar dengan kehidupan sosial yang ramah?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang-orang perumahan seringnya adalah orang-orang yang sibuk bekerja. Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa di perumahan elite sering kehidupan sosialnya terabaikan (tetangga saja tidak kenal). Jika di perumahan menengah biasanya masih terjalin kehidupan sosial bertetangga walau tidak banyak, minimal kenal dengan tetangga kanan-kiri.

Jika Anda ingin rumah yang besar dan masih butuh bertetangga maka sebaiknya membeli dua atau lebih kavling di perumahan menengah yang kemudian digabungkan. Tapi jika ingin eksklusif tanpa memusingkan kehidupan bertetangga, Anda dapat memilih perumahan elit.

Ingin rumah yang aman tanpa banyak dimasuki orang luar perumahan?

Anda dapat memilih perumahan yang menggunakan kluster kuldesak. Kuldesak memiliki satu akses pintu keluar yang biasanya dijaga satpam. Kuldesak biasanya hanya terdiri beberapa rumah sehingga mudah diawasi oleh satpam sehingga Anda tidak akan sering diganggu orang-orang luar yang meminta sumbangan atau dipaksa membeli barang dagangannya.

Namun karena jumlah anggota perumahan sedikit maka sering harus berkompromi dengan penduduk kampung setempat, misalnya satpamnya berasal dari kampung setempat, karena jika tidak jumlah anggota perumahan tidak akan mampu melawan penduduk kampung setempat.

Dari tips-tips yang sudah dipaparkan, Anda dapat memilih dan memastikan lingkungan perumahan yang akan Anda beli sesuai dengan kenyamanan Anda.

(sumber: properti.gangsir.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More